Sabtu, 30 Juni 2012

MotoGP : Ini Dia Pengganti Stoner

Sebuah rapat penting di sela-sela GP Belanda dihelat para petinggi yang terlibat di MotoGP. Salah satu butir keputusannya mencabut larangan seorang ruki langsung masuk tim pabrikan.
Cekskor.com – Rapat yang antara lain dihadiri Carmelo Ezpeleta (CEO Dorna), Ignacio Verneda (Direktur Sport FIM), Herve Poncharal (IRTA0, dan Takanao Tsubouchi (MSMA) ini meratifikasi menyangkut seorang ruki di MotoGP yang berlaku sejak musim 2010.

Peraturan itu melarang seorang pembalap baru di MotoGP langsung masuk tim pabrikan. Ia terlebih dahulu harus masuk tim satelit minimal satu musim dan setelahnya baru boleh bergabung dalam tim pabrik. Proses ini dijalani Ben Spies di tim satelit Monster Yamaha Tech3 sebelum bergabung dengan Jorge Lorenzo di Yamaha factory Team pada musim 2011.

Mulai 1 Januari 2013 nanti peraturan itu tak lagi berlaku. Para pengelola tim pabrikan boleh mengambil pembalap timnya dari mana pun. Dan, bukan rahasia lagi kalau keputusan itu dilatarbelakangi oleh keinginan Repsol Honda untuk merekrut Marc Marquez pada musim 2013 nanti.

Marquez, pembalap muda Spanyol yang sekarang bertarung di baris depan Moto2, digadang-gadang sebagai calon suksesor Casey Stoner yang mengundurkan diri di akhir musim ini. Hanya saja, pembalap binaan Repsol ini terganjal regulasi jika langsung masuk tim pada 2013. Lewat tim satelit sebagaimana aturan pun bukan hal mudah karena ada benturan antara sponsor Repsol dengan sponsor tim satelit Honda.

Satu-satunya jalan adalah mengubah aturan mainnya dan itulah yang diputuskan FIM dan Dorna. Ini sekaligus mempertegas betapa besar pengaruh Repsol di ajang MotoGP. Produsen minyak Spanyol itu tak hanya punya tim kuat, tapi juga lobi hebat untuk mengubah ketentuan yang menguntungkan mereka.

Dengan terbukanya jalan Marquez ke Repsol Honda, isu seputar calon suksesor Stoner pastinya akan pudar. Dan, jika Marques benar ditampung Repsol Honda musim depan, maka itu adalah kali pertama tim elit ini menyandingkan dua rider Spanyol sekaligus dengan asumsi Dani Pedrosa tetap di posisinya.

Debut Marquez di ajang balap motor dunia dimulai 13 April 2008 pada GP Portugal saat berusia 15 tahun 56 hari. Rider kelahiran 17 Februari 1993 ini tercatat sebagai pembalap Spanyol termuda yang meraih pole position dan podium.

Setelah juara dunia kelas 125 cc musim 2010, Marquez naik kelas Moto2 sejak musim 2011. Musim lalu ia runner up, dan musim ini memimpin klasemen sementara dan salah satu pembalap favorit juara dunia.
membuat dan memasang widget berlangganan artikel blog
Add caption

Tidak ada komentar:

Posting Komentar