Selasa, 10 Juli 2012

Alasan Umum Kenapa Orang Susah Buang Air Besar


Sembelit atau umumnya dikenal susah buang air besar ternyata penyebabnya masih banyak tidak disadari oleh orang, khususnya di Indonesia.banyak orang berasumsi bahwa susah buang air besar akibat kurang makan berserat atau kurang minum air putih, padahal belum tentu seperti itu.
membuat dan memasang widget berlangganan artikel blog
Add caption
nah alasan kenapa susah buang air besar yang umumnya terjadi di indonesia kurang lebih seperti ini :
Stres
Stres dapat memicu orang untuk susah buang air besar, alasannya faktor psikologis dapat mempengaruhi sistem saraf pada tubuh manusia secara keseluruhan. contohnya saja pada saat seseorang sedang stres, saraf saraf pada pencernaannya dapat saja terganngu sehingga gerak peristaltik yang terjadi pada usus biasanya tidak terjadi dengan normal. akibatnya orang yang stres dapat mengalami susah buang air besar atau sembelit.
jika anda pernah mengalami hal ini, coba lah untuk menenangkan pikiran disaat saat tertentu sehingga ada waktu luang anda untuk sedikit relax dan mungkin anda dapat buang air besar dengan normal. sebenarnya memang dengan bantuan obat kita bisa dapat mempermudah buang air besar, namun masalahnya jika ini anda lakukan maka kedepannya anda akan ketergantungan dengan obat untuk memperlancar buang air besar
tidak betah tinggal di suatu tempat.
banyak yang bilang jika orang tidak betah di suatu tempat maka biasanya orang tersebut akan susah buang air besar, asumsi itu menjadi mitos sampai saat ini. namun meskipun cuman mitos terkadang hal ini ternyata terbukti dan benar, ada orang yang karena tidak betah di suatu tempat maka ia akan susah buang air besar. kondisi ini bisa juga disebut stres karena tidak nyaman disuatu tempat sehingga memicu sembelit.
akibat salah makan
ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu terjadi nya susah buang air besar, ada juga yang jika di konsumsi secara berlebihan dapat memicu buang air besar. misalnya seperti makanan olahan, kalengan, makanan gorengan. jenis makanan tersebut umumnya membuat buang air besar tidak lancar.
selain itu, kafein juga bisa menyebabkan dehidrasi, karena memang sifat dari kafein yang memicu pembuangan cairan pada tubuh secara besar besaran, hal ini dapat membuat seseorang mengalami susah buang air besar., untuk itu hindari konsumsi kopi atau teh pekat dalam jumlah yang terlalu banyak.
sering menahan untuk buang air besar
tubuh kita normalnya selalu memberikan tanda pada saat kita akan buang air besar, namun terkadang karena kesibukan pekerjaan sehingga tanda tanda tersebut diabaikan, lama kelamaan karena sudah terbiasa menahan kita akan terbiasa untuk mengabaikan tanda tanda tersebut dan akhirnya tubuh terlatih dengan sendirinya untuk menahan buang air besar.
maklum banyak orang di perkotaan merasa malu atau risih jika harus buang air besar di kantor, belum lagi kondisi toilet dikantor yang belum tentu bersih, kadang membuat beberapa orang merasa jijik untuk buang air besar di tempat kerja mereka.
kurang mengkonsumsi makanan berserat dan jarang minum air.
ini adalah alasan yang paling umum dan paling banyak diketahui oleh orang, makanan berserat mudah di cerna oleh tubuh dan memperlancar buang air besar, ditambah lagi jika sering minum air putih, namun kembali lagi, banyak yang karena kondisi pekerjaannya sehingga mengabaikan hal ini, sehingga hanya makan makanan olahan, daging, dan kurang minum air putih, tapi minum air bersoda. ini yang dapat memicu susah buang air besar
nah dari beberapa alasan diatas anda sudah dapat mengetahui hal hal apa yang perlu anda hindari agar mudah buang air besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar