Minggu, 08 Juli 2012

Makanan Yang Diklaim Dapat Membuat Umur Panjang


INILAH.COM,Jakarta – Memiliki umur panjang adalah keinginan setiap orang. Gaya hidup sehat melalui makanan adalah salah satu cara untuk mencapai umur yang panjang.

Headline
Add caption
Para pakar menyarankan agar Anda mengonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan, serta menghindari yang berpotensi membuat umur Anda menjadi pendek, seperti rokok, narkoba, alhokol, dan makanan yang terlalu banyak mengandung lemak dan kolesterol.
Nah, berikut beberapa makanan yang diklaim membuat sesoerang yang mengkonsumsi memiliki umur yang panjang.
Teh hijau
Teh ini sangat terkenal di Jepang karena kaya vitamin A, C dan E yang juga berfungsi sebagai antioksidan. Menurut sebuah penelitian, teh hijau bahkan lebih kuat dari samurai karena mampu mencegah oksidasi sel yang pada gilirannya akan berubah menjadi kanker.
Selain itu teh hijau ini ternyata berkhasiat untuk membangun pertahanan bagi sistem kekebalan tubuh dan mengencerkan darah untuk melawan penyakit jantung.
Sama seperti teh biasa, teh ini dapat dikonsumsi dengan cara direbus atau dicelupkan dalam air panas, lalu diamkan selama beberapa waktu. Semakin lama teh hijau itu terendam, semakin baik hasilnya bagi tubuh Anda.
Bawang putih
Menurut para ahli, bawang juga kaya akan vitamin c, zat antioksidan dan sulfur. Ironisnya, mengonsumsi umbi-umbian yang satu ini memang membuat nafas menjadi kurang sedap, tapi jangan salah, walau mulut menjadi berbau, bawang putih mampu melindungi Anda dari berbagai penyakit pernafasan seperti asma dan radang saluran pernafasan.
Tidak hanya itu, bawang juga mampu menaikkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam darah, dan melindungi Anda dari ancaman kanker. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, Anda dapat memakannya mentah-mentah, atau dicapur salad atau sandwitch.
Gandum
Gandum mempunyai kandungan kalsium yang tinggi, selain itu juga mempunyai serat alami yang terbaik bagi Anda yang ingin melakukan diet. Selain itu, gandum juga berfungsi melindungi gigi agar tidak mudah rapuh dan dapat mencegah kekeroposan tulang sehingga Anda terhindar dari osteoporosis.
Kelebihan lain, gandum juga merupakan bahan makanan yang rendah kolesterol, dan dapat mengurangi tekanan darah, serta memerangi kanker usus. Cara mengonsumsi gandum yang terbaik adalah dengan memasaknya di atas api kecil atau di seduh air panas.
Minyak Ikan
Beberapa ikan seperti salmon, mackerel atau ikan haring terkenal sebagai penghasil omega-3. Mengonsumsi ikan-ikan jenis ini dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan juga melindungi Anda agar tidak terkena stroke atau mengalami pembekuan darah di otak.
Ikan-ikan ini dapat Anda santap dalam keadaan mentah seperti menyantap sushi atau bisa juga dipanggang. Yang paling praktis, Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk olahan berupa minyak ikan.
Cranberries
Buah yang masih termasuk keluarga berry ini mengandung vitamin c, zat kimia pemberantas bakteri dan mengandung antioksidan. Buah ini juga membantu melindungi tubuh dari terjadinya infeksi saluran kemih, kanker dan juga melindungi masuknya bakteri berbahaya ke organ-organ tubuh.
Buah ini sangat masam jika disantap, karenanya coba padukan buah ini dengan muffin gandum. Tapi bila Anda ingin mengambil keuntungan maksimal dari buah ini, cobalah meminum campuran jus cranberries dan apel agar rasanya tidak terlalu asam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar