Jumat, 20 Juli 2012

Misteri Danau Texas Berubah Merah Darah


TEMPO InteraktifSan Angelo - Danau yang berubah warna menjadi merah darah di Texas pada musim panas ini bukanlah pertanda akhir zaman. Meski kiamat bagi umat manusia belum tiba, popularitas kawasan yang terkenal sebagai lokasi rekreasi dan pemancingan itu kemungkinan akan berakhir.

foto
Add caption
Musim kering menyebabkan Danau OC Fisher Reservoir di San Angelo State Park di Texas Barat hampir mengering. Air yang tersisa menggenang, dipenuhi ikan mati dan berwarna merah tua seperti darah. 
Beberapa orang meyakini perubahan warna di waduk itu sebagai tanda awal kiamat. Tapi para petugas di Texas Parks and Wildlife Inland Fisheries mengatakan warna merah itu berasal dari bakteri Chromatiaceae yang hidup subur dalam air yang minim oksigen. “Itu sangat menyedihkan,” kata Charles Cruz dari Texas Parks and Wildlife di San Angelo, Texas.
Texas tengah menghadapi kekeringan besar pada musim panas ini. Hampir 75 persen daerahnya menderita kekeringan luar biasa. Level tertinggi, menurut National Drought Mitigation Center (NDMC). Air di waduk OC Fisher memang tak pernah penuh. Namun danau itu dipenuhi dengan ikan matahari,bass, lele, dan berbagai ikan yang banyak diincar pemancing.
“Kami telah mensurvei danau itu tahun lalu dan populasi ikan di dalamnya sangat baik,” kata Cruz. “Menyedihkan melihat permukaan air danau terus turun dan menyaksikan ikan bass mengambang mati.”
Pekan lalu danau itu berubah menjadi sebuah kolam kecil sedalam beberapa meter. Ribuan ikan mati mengambang dan tak ada tanda kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar