Minggu, 15 Juli 2012

Nuklir Telah Melumat Kota Ini dan Isinya


Chernobyl adalah sebuah kota tak berpenghuni di Ukraina utara, tepatnya di Oblast Kiev dekat dengan perbatasan Belarusia. Kota ini ditinggalkan penghuninya tahun 1986 setelah bencana ledakan pembangkit listrik tenaga nuklir yang terkenal sebagai Bencana Chernobyl.

Chernobyl, Ukraina (Foto: Flickr)
Add caption
Bencana Chernobyl adalah kecelakaan reaktor nuklir terburuk dalam sejarah. Pada 26 April 1986 reaktor nomor empat di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl yang terletak di Uni Soviet di dekat Pripyat di Ukraina meledak. Akibatnya, partikel radioaktif dalam jumlah besar tersebar ke atmosfer di seluruh kawasan Uni Soviet bagian barat dan Eropa. 
Karena bencana tersebut, ribuan penduduk terpaksa diungsikan dari kota ini. Setelah ledakan, 237 orang menderita sakit radiasi parah, dan 31 diantaranya tewas dalam waktu tiga bulan. Radiasi ini menyebabkan kanker dan juga penyakit-penyakit lainnya. Tidak hanya berdampak pada warga, radiasi nuklir juga mengotori lingkungan, hewan dan tumbuhan di kota ini.
Hingga kini, tingkat radiasi di Chernobyl masih cukup tinggi. Pripyat, kota terdekat dari pusat lokasi bencana kini menjadi kota kosong yang dibuka umum untuk turis yang ingin melihat sisa-sisa nuklir di tempat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar