Minggu, 15 Juli 2012

Kemegahan Tambang Garam Bawah Tanah


Pada masa Abad Pertengahan, masyarakat kuno Polandia menyadari bahwa di dalam tanahnya terdapat sumber daya alam yang memiliki nilai tinggi yaitu garam. Maka mereka membuat tambang besar di 326 meter di bawah tanah dan menghabiskan sebagian hidupnya disini, di Tambang Garam Wieliczka.

Tambang Garam Wieliczka, Polandia (Foto: fauxology)
Add caption
Tambang garam Wieliczka ini telah beroperasi terus-menerus sejak abad ke-13, dan masih menghasilkan garam meja. Tambang ini adalah salah satu tambang garam tertua dunia yang masih beroperasi. Kedalaman tambang ini mencapai 327 meter, dan panjangnya lebih dari 300 km. Tambang ini kira-kira sudah beroperasi selama hampir 1000 tahun. 
Tambang garam Wieliczka memiliki rute wisatawan sepanjang 3,5 km yang mencakup patung-patung dari tokoh-tokoh sejarah, yang semuanya diukir oleh para buruh tambang dari batu karang garam.
Di sini juga terdapat ruangan-ruangan yang diukir dengan indah, kapel-kapel, sebuah danau bawah tanah, dan pameran yang menggambarkan sejarah penambangan garam. Tambang garam ini dengan tepat disebut sebagai “katedral garam bawah tanah Polandia”. Sekitar 800.000 pengunjung datang untuk melihat tambang ini setiap tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar