Minggu, 15 Juli 2012

Gua Terpanjang di Dunia


Gua ini merupakan gua bawah tanah terpanjang di dunia, dengan panjang 630 kilometer. Karena panjangnya itulah, gua ini disebut Gua Mammoth. Gua ini memiliki gaya gotik, dan menjadi pilihan wisata bagi warga Amerika Serikat yang gemar bertualang.

Gua Mammoth, Amerika Serikat (Foto: nationalgeographic)
Add caption
Selain panjangnya, gua ini juga terbilang unik Karena jalan masuknya yang berliku-liku seperti labirin. Tak hanya itu, gua ini juga memiliki sungai bawah tanah yang mengalir deras sejauh mata memanjang. Konon, airnya mengalir sepanjang waktu sejak awal mulanya sehingga membentuk jalur gua tersebut.
Konon gua ini sudah ada sejak 350 juta tahun lalu. Dan manusia pertama yang menempatinya adalah orang-orang nomaden yang diperkirakan hidup sekitar 4.000 tahun lalu. Kini, Gua Mammoth telah menjadi salah satu situs warisan dunia (world heritage sites) yang diberikan oleh United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada Oktober 1981.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar